Materi ajar
Hari. : rabu, 2 oktober 2019
TEMA 4        :  GLOBALISASI
SUB TEMA 1    :  GLOBALISASI  DI SEKITARKU
KELAS         :  6 E
PEMBELAJARAN     :  2 (DUA)




SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (Pengertian reklame dan ciri-ciri reklame)
Reklame adalah salah satu bentuk ajakan atau  Perintah kepada orang lain. Tujuan reklame adalah
Menawarkan dan mengajak pembaca agar mengikuti
anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan
Meyakinkan bahwa barang yang ditawarkan berkualitas
Baik. Berdasarkann tujuan pengadaannnya, reklame dibedakan menjadi dua jenis yaitu reklame komersial dan nonkomersial.
  1. Reklame komersial (Reklame yang sifatnya menawarkan barang atau produk dan biasanya digunakan oleh para pedagang)
  2. Reklame non komersial (Reklame yang sifatnya mengajak orang lain, untuk membuat sesuatu atau memberi anjuran yang baik)

Macam-Macam Reklame Berdasarkan Jenisnya
  1. Reklame audio (suara)
  2. Reklame visual (gambar)
  3. Reklame audio visual (gambar bersuara)

Ciri-ciri reklame
  1. Berisi informasi, membujuk, atau mengajak masyarakat
  2. Menggunakan kata-kata yang menarik
  3. Terdapat slogan di dalamnya (slogan adalah kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat)
  4. Terdapat gambar atau ilustrasi
  5. Tata letak antara tulisan dan gambar terliat rapi



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Sikap terhadap keberagaman kegiatan ekonomi)
Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda hal ini menybabkan beragamnya kegitan ekonomi di masyarakat (Produksi, Distribusi, dan Konsumsi)

Sikap Dalam Keberagaman Ekonomi
  1. Saling menghormati dan menghargai
  2. Membayar bayar sesuai dengan harga
  3. Tidak membedakan teman karena kegiatan ekonomi orang tuanya
  4. Tidak sombong
  5. Memuji hasil karya orang lain yang dijual
  6. Melakukan persaingan yang sehat dalam melakukan kegiatan ekonomi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025