pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

  


 Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian


Mapel Seni Rupa

Pembelajaran Seni Rupa latihan soal 
Makrame adalah karya seni tangan (handmade) untuk menggabungkan simpul yang terdiri atas beberapa tali atau benang. Karya seni makrame dapat berupa hiasan atau barang siap pakai.

selamat mengerjakan soal 

Soal Isian – Kerajinan Makramé Kelas 6 SD

  1. Makramé adalah kerajinan tangan yang dibuat dengan cara menyusun tali melalui teknik __________.

  2. Simpul dasar yang paling sering digunakan dalam makramé disebut simpul __________.

  3. Bahan utama yang digunakan untuk membuat makramé adalah __________ atau benang.

  4. Tujuan membuat kerajinan makramé adalah untuk menciptakan karya yang memiliki nilai __________ dan fungsi.

  5. Teknik makramé tidak menggunakan alat jahit, tetapi hanya mengandalkan __________ tangan.

  6. Kerajinan makramé dapat digunakan untuk menghias __________ rumah.

  7. Simpul spiral dalam makramé akan membentuk pola seperti huruf __________.

  8. Salah satu manfaat membuat makramé adalah melatih __________ dan kesabaran.

  9. Tali yang digunakan dalam makramé sebaiknya memiliki tekstur yang __________ agar mudah dibentuk.

  10. Gantungan pot, hiasan dinding, dan gantungan kunci adalah contoh produk dari __________.

  11. Teknik makramé berasal dari bangsa __________ yang menggunakan simpul untuk menghias pakaian.

  12. Tali makramé dipotong menggunakan alat __________.

  13. Saat membuat makramé, pola simpul harus dibuat secara __________ agar hasilnya bagus.

  14. Simpul-simpul dalam makramé harus diikat dengan kuat agar tidak mudah __________.

  15. Hiasan makramé sering digunakan sebagai __________ ruangan.

  16. Warna tali yang digunakan dalam makramé sebaiknya __________ agar terlihat menarik.

  17. Simpul silang pada makramé biasanya membentuk pola __________.

  18. Untuk membuat makramé, kita harus mengukur panjang tali sesuai dengan __________ karya.

  19. Produk makramé bisa digunakan sebagai __________ untuk menambah penghasilan.

  20. Saat membuat makramé, kita harus teliti agar tidak salah membuat __________.

  21. Salah satu jenis simpul yang digunakan dalam makramé adalah simpul __________ (selain simpul datar).

  22. Makramé termasuk dalam seni rupa __________, karena dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  23. Teknik menyimpul dalam makramé harus dilakukan secara __________ agar hasil rapi dan kuat.

  24. Salah satu tujuan memamerkan hasil karya makramé adalah untuk menunjukkan __________ siswa.

  25. Produk makramé bisa dijadikan hadiah karena memiliki nilai seni dan dibuat dengan __________ tangan




muatan matematika 

1.     Membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli.

2. . Mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma).


selamat mengerjakan soal :

1.      Manakah yang lebih besar, 0,75 atau 0,7? Jawaban: __________

2.      Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar:
0,3 – 0,25 – 0,4 – 0,35
Jawaban: __________

3.      Urutkan bilangan desimal berikut dari yang terbesar ke terkecil:
0,6 – 0,75 – 0,5 – 0,9
Jawaban: __________

4.      Tanda yang tepat untuk membandingkan 0,48 dan 0,5 adalah:
0,48 ___ 0,5

5.      Jika 3/4 = 0,75, maka 0,75 lebih besar dari pecahan __________

6. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar    1/2, 3/4, 2/3, 1/3

_________

7. Pecahan campuran    6 4/5   jika diubah menjadi pecahan biasa adalah: __________

8. Hitung hasil dari       3/4 + 2/4 = __________

9. Hitung hasil dari           5/6 × 3 = __________

10.  Seorang anak membagi 2/3 kue kepada 4 teman secara merata. Setiap anak mendapat: __________ kue

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

Pembelajaran: senin, 1 september 2025