Pembelajaran: 15 september 2025
Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian
Pembelajaran Matematik
Tujuan Pembelajaran
Mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma).
Materi
Mengubah pecahan desimal ke Pecahan biasa dan sebaliknya
Untuk mengubah desimal ke pecahan, tulis angka desimal sebagai pembilang dan gunakan 10, 100, atau 1.000 (sesuai banyaknya angka di belakang koma) sebagai penyebut, lalu sederhanakan jika perlu. Untuk mengubah pecahan ke desimal, Anda bisa membagi pembilang dengan penyebutnya atau mengubah penyebut menjadi kelipatan 10, 100, atau 1.000 dengan mengalikan pembilang dan penyebutnya.
Mengubah Pecahan Desimal ke Pecahan Biasa
- Hitung berapa banyak angka di belakang koma. Jika ada satu angka, penyebutnya 10; jika dua angka, penyebutnya 100; jika tiga angka, penyebutnya 1.000, dan seterusnya.
- Jadikan angka desimal sebagai pembilang dan penyebut yang sudah Anda tentukan.
Jika memungkinkan, sederhanakan pecahan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) mereka, seperti pada contoh 0,75 = 75/100 = 3/4.
Contoh: Mengubah 0,625 menjadi pecahan biasa
- Angka di belakang koma ada tiga, jadi penyebutnya adalah 1.000.
- Pecahan awalnya adalah 625/1.000.
- FPB dari 625 dan 1.000 adalah 125.
- Dengan membagi 625 dan 1.000 dengan 125, didapatkan hasil 5/8.
Refleksi dan kesimpulan:
Hari ini siswa belajar merubah pecahan biasa menjadi desimal , pesen ke desimal dll. Lalu mengurutkan dr yg terbesar dan sebaliknya.
Siswa juga menyelesaikan soal cerita terkait pecahan .
Komentar
Posting Komentar