Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian.
Mapel Matematika
Tujuan Pembelajaran
Membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli
Materi
Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama
Untuk penjumlahan dan pengurangan pecahan, penyebut harus disamakan terlebih dahulu jika berbeda, kemudian pembilangnya baru dijumlahkan atau dikurangkan. Jika penyebutnya sudah sama, operasi langsung dilakukan pada pembilangnya. Mencari penyebut yang sama berarti mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari penyebut yang berbeda.
Langkah-langkah Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
1. Jika Penyebut Sama:
Penjumlahan:Jumlahkan kedua pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap sama.
Contoh: 1/4 + 2/4 = (1+2)/4 = 3/4.
2. Pengurangan:Kurangkan kedua pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap sama.
Contoh: 3/5 - 1/5 = (3-1)/5 = 2/5
.2. Jika Penyebut Berbeda (Pecahan Tak Serupa):
Samakan penyebut:Cari KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari kedua penyebut untuk dijadikan penyebut yang sama.
Ubahlah pecahan:Ubah kedua pecahan menjadi pecahan yang senilai dengan penyebut baru.
Jumlahkan/Kurangkan:Setelah penyebutnya sama, jumlahkan atau kurangkan pembilangnya sesuai operasi yang diminta.
Contoh Penjumlahan: 1/2 + 1/3.
KPK dari 2 dan 3 adalah 6.
1/2 = 3/6 dan 1/3 = 2/6.
3/6 + 2/6 = (3+2)/6 = 5/6.
Contoh Pengurangan: 3/4 - 1/2.
KPK dari 4 dan 2 adalah 4.
3/4 tetap 3/4.
1/2 = 2/4.
3/4 - 2/4 = (3-2)/4 = 1/4.
Mengapa Penyebut Harus Sama?
Kita hanya bisa menjumlahkan atau mengurangkan pecahan jika pecahannya homogen, yaitu memiliki penyebut yang sama, karena akan memudahkan perbandingan antara bagian pecahan.
Mapel Bahasa Indonesia
Materi Membaca Hasil Pengamatan
Membaca hasil pengamatan berarti memahami informasi secara objektif dan sistematis berdasarkan fakta yang telah diamati secara langsung untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang objek atau fenomena yang diteliti. Caranya adalah dengan membaca secara menyeluruh untuk memahami konteks dan alur cerita, lalu fokus pada fakta-fakta penting dengan bahasa yang jelas, singkat, dan mudah dipahami, serta memperhatikan struktur laporan yang terdiri dari deskripsi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan.
Cara Membaca Hasil Pengamatan:
1. Baca Secara Menyeluruh:
Pahami terlebih dahulu keseluruhan isi laporan untuk mendapatkan gambaran umum tentang objek yang diamati dan hubungan antar informasi.
2. Identifikasi Informasi Penting:
Setelah membaca secara keseluruhan, cari dan identifikasi informasi-informasi kunci yang berkaitan langsung dengan objek pengamatan.
3. Perhatikan Ciri-ciri Laporan:
Objektif:Pastikan laporan hanya memuat fakta-fakta yang didukung oleh bukti pengamatan, tanpa opini pribad
Sistematis:Informasi disajikan secara berurutan dan logis, mengikuti struktur laporan.
Bahasa Formal:Gunakan bahasa yang baku, jelas, singkat, dan tepat.
Fokus pada Objek:Informasi yang disajikan harus berkaitan langsung dengan objek yang diamati.
4. Pahami Struktur Laporan:
Kenali bagian-bagian laporan untuk memahami bagaimana informasi disajikan
Deskripsi Umum:Penjelasan awal tentang objek yang diamati.
Deskripsi Bagian:Penjabaran rinci mengenai aspek-aspek tertentu dari objek.
Kesimpulan:Ringkasan dari hasil pengamatan.
5. Tarik Kesimpulan yang Tepat:
Setelah memahami semua informasi, tarik kesimpulan yang sesuai dengan fakta yang ada di laporan untuk mendapatkan pemahaman yang benar tentang objek yang diamat
Tujuan Membaca Hasil Pengamatan:
Memperoleh Informasi:
Mendapatkan informasi yang rinci dan mendalam tentang suatu objek atau fenomena
Memahami Fakta:
Memahami kondisi dan karakteristik suatu objek berdasarkan data dan fakta yang diperoleh dari pengamatan langsung
contoh laporan pengamatan
Reflekasi dan kesimpulan:
Hari ini siswa mempelajari desimal,persen,pecahan campuran dan mengurutkan pecahan namun untuk penjumlahan dan pengurangan blm sempat karena waktu tdk memungkinkan.
Untuk b.indonesia siswa memahami informasi dr teks laporan.
SELAMAT PAGI, TA BIK PUN ...... Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI B , apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha Pada hari ini ananda akan melaksanakan PTS TEMA 1 DAN PAI. Bu Guru harap ananda semua mempelajari lagi materi-materi yang sudah Bu Guru berikan dengan teliti. Tugas ananda sholeh sholeha yaitu mempelajari kisi-kisi Tema 2 untuk persiapan PTS. Di bawah ini kisi-kisinya ya nak: KISI-KISI PAS TEMA 2 : Persatuan dan Kesatuan Disajikan beberapa perilaku, siswa dapat menentukan perilaku menumbuhkan persatuan dan kesatuan Persatuan dan Kesatuan Disajikan sebuah ilustrasi , siswa dapat memilih sikap tepat yang seharusnya dilakukan siswa dalam menghormati perbedaan Persatuan dan Kesatuan Disajikan sebuah gambar, siswa dapat memilih sika...
Assalamualaikum Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian Mapel Seni Rupa Pembelajaran Seni Rupa latihan soal Makrame adalah karya seni tangan (handmade) untuk menggabungkan simpul yang terdiri atas beberapa tali atau benang. Karya seni makrame dapat berupa hiasan atau barang siap pakai. selamat mengerjakan soal Soal Isian – Kerajinan Makramé Kelas 6 SD Makramé adalah kerajinan tangan yang dibuat dengan cara menyusun tali melalui teknik __________. Simpul da...
Assalamualaikum Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian. Mapel Matematika Tujuan Pembelajaran Membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli Materi Mengurutkan berbagai pecahan (pecahan biasa, pecahan campuran, desimal, dan persen) Mapel Matematika Tujuan Pembelajaran Membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campur...
Komentar
Posting Komentar