Pembelajaran: jum'at, 26 september 2025

 


 Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian


Sumatif harian ke 2 pelajaran seni rupa. 
Latihan soal

Soal 1

Siti ingin membuat gantungan kunci dari benang wol. Ia mempelajari teknik dasar makrame seperti simpul dasar. Seni membuat kerajinan dengan teknik simpul ini disebut...

A. Menenun
B. Menganyam
C. Makrame
D. Menjahit

Jawaban: C. Makrame


Soal 2

Andi melihat ibunya membuat pot gantung dari tali. Tali itu diikat membentuk pola simpul yang indah. Kegiatan ibu Andi termasuk dalam seni...

A. Patung
B. Makrame
C. Lukis
D. Mozaik

Jawaban: B. Makrame


Soal 3

Alat utama yang digunakan dalam membuat karya makrame adalah...

A. Lem dan kuas
B. Benang atau tali
C. Gunting dan penggaris
D. Jarum dan kain

Jawaban: B. Benang atau tali


Soal 4

Fungsi dari gunting dalam kegiatan makrame adalah...

A. Menyulam tali
B. Membentuk simpul
C. Memotong tali sesuai ukuran
D. Menjahit tali-tali

Jawaban: C. Memotong tali sesuai ukuran


Soal 5

Budi ingin membuat hiasan dinding dari makrame. Langkah pertama yang harus ia lakukan adalah...

A. Menggambar pola pada kertas
B. Memilih warna cat
C. Menyiapkan tali dan alat lain
D. Mengelem bahan ke dinding

Jawaban: C. Menyiapkan tali dan alat lain


Soal 6

Jenis simpul yang sering digunakan dalam makrame adalah...

A. Simpul mati dan simpul hidup
B. Simpul datar dan spiral
C. Simpul benang dan simpul kawat
D. Simpul silang dan jepit

Jawaban: B. Simpul datar dan spiral


Soal 7

Hasil karya makrame bisa digunakan sebagai...

A. Mainan anak
B. Hiasan dan benda pakai
C. Alat olahraga
D. Makanan ringan

Jawaban: B. Hiasan dan benda pakai


Soal 8

Contoh benda pakai yang bisa dibuat dengan teknik makrame adalah...

A. Sepatu
B. Tas dan gantungan pot
C. Piring dan sendok
D. Buku dan penghapus

Jawaban: B. Tas dan gantungan pot


Soal 9

Makrame termasuk dalam jenis seni rupa...

A. Murni dua dimensi
B. Terapan tiga dimensi
C. Lukis klasik
D. Grafis digital

Jawaban: B. Terapan tiga dimensi


Soal 10

Lisa membeli tali makrame warna-warni untuk membuat gelang persahabatan. Ia akan memberikan kepada teman-temannya saat ulang tahun. Hal ini menunjukkan bahwa seni makrame juga bisa berfungsi sebagai...

A. Penghias rumah saja
B. Hadiah dan simbol persahabatan
C. Pakaian adat
D. Benda berbahaya

Jawaban: B. Hadiah dan simbol persahabatan


Soal 11

Bahan yang paling cocok untuk membuat makrame adalah...

A. Tali dari plastik keras
B. Tali dari benang atau katun
C. Kawat dan logam
D. Kertas dan kardus

Jawaban: B. Tali dari benang atau katun


Soal 12

Untuk membuat makrame yang rapi, kita harus memperhatikan...

A. Warna tali saja
B. Ukuran meja kerja
C. Ketelitian saat membuat simpul
D. Banyaknya alat elektronik

Jawaban: C. Ketelitian saat membuat simpul


Soal 13

Membuat makrame melatih siswa untuk...

A. Tidur lebih lama
B. Menjadi kuat
C. Menjadi sabar dan teliti
D. Menjadi cepat dan terburu-buru

Jawaban: C. Menjadi sabar dan teliti


Soal 14

Jika kamu ingin menjual hasil karya makrame, maka kamu harus...

A. Menyembunyikannya dari orang lain
B. Memberikannya hanya untuk keluarga
C. Membuat karya yang rapi dan menarik
D. Menjual karya orang lain

Jawaban: C. Membuat karya yang rapi dan menarik


Soal 15

Manfaat belajar makrame di sekolah adalah...

A. Melatih kekuatan fisik
B. Membuat siswa menjadi lebih agresif
C. Mengembangkan kreativitas dan keterampilan tangan
D. Membuat siswa malas menggambar

Jawaban: C. Mengembangkan kreativitas dan keterampilan tangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025