Pembelajaran: Rabu,10 september 2025

 


 Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian

Mapel Matematika

Tujuan Pembelajaran

Membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli


Materi

Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama





Untuk penjumlahan dan pengurangan pecahan, penyebut harus disamakan terlebih dahulu jika berbeda, kemudian pembilangnya baru dijumlahkan atau dikurangkan.Jika penyebutnya sudah sama, operasi langsung dilakukan pada pembilangnyaMencari penyebut yang sama berarti mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari penyebut yang berbeda. 

Langkah-langkah Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
  1. Jika Penyebut Sama:
    • Penjumlahan: Jumlahkan kedua pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap sama. 
    • Contoh: 1/4 + 2/4 = (1+2)/4 = 3/4. 
    2. Pengurangan: Kurangkan kedua pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap sama. 
  2. Contoh: 3/5 - 1/5 = (3-1)/5 = 2/5
      •  2. Jika Penyebut Berbeda (Pecahan Tak Serupa):
      • Samakan penyebut: Cari KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari kedua penyebut untuk dijadikan penyebut yang sama. 
      • Ubahlah pecahan: Ubah kedua pecahan menjadi pecahan yang senilai dengan penyebut baru. 
      • Jumlahkan/Kurangkan: Setelah penyebutnya sama, jumlahkan atau kurangkan pembilangnya sesuai operasi yang diminta. 
      • Contoh Penjumlahan: 1/2 + 1/3.
        • KPK dari 2 dan 3 adalah 6. 
        • 1/2 = 3/6 dan 1/3 = 2/6.
        • 3/6 + 2/6 = (3+2)/6 = 5/6. 
        Contoh Pengurangan: 3/4 - 1/2.
        • KPK dari 4 dan 2 adalah 4. 
        • 3/4 tetap 3/4.
        • 1/2 = 2/4.
        • 3/4 - 2/4 = (3-2)/4 = 1/4. 
        • Mengapa Penyebut Harus Sama?
          Kita hanya bisa menjumlahkan atau mengurangkan pecahan jika pecahannya homogen, yaitu memiliki penyebut yang sama, karena akan memudahkan perbandingan antara bagian pecahan. 

Mapel Bahasa Indonesia

    • Materi  Membaca Hasil Pengamatan
    Membaca hasil pengamatan berarti memahami informasi secara objektif dan sistematis berdasarkan fakta yang telah diamati secara langsung untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang objek atau fenomena yang ditelitiCaranya adalah dengan membaca secara menyeluruh untuk memahami konteks dan alur cerita, lalu fokus pada fakta-fakta penting dengan bahasa yang jelas, singkat, dan mudah dipahami, serta memperhatikan struktur laporan yang terdiri dari deskripsi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan. 
  1. Cara Membaca Hasil Pengamatan:
    1. 1. Baca Secara Menyeluruh:
      Pahami terlebih dahulu keseluruhan isi laporan untuk mendapatkan gambaran umum tentang objek yang diamati dan hubungan antar informasi. 
    1. 2. Identifikasi Informasi Penting:
      Setelah membaca secara keseluruhan, cari dan identifikasi informasi-informasi kunci yang berkaitan langsung dengan objek pengamatan. 
    3. Perhatikan Ciri-ciri Laporan:
    • Objektif: Pastikan laporan hanya memuat fakta-fakta yang didukung oleh bukti pengamatan, tanpa opini pribad
    • Sistematis: Informasi disajikan secara berurutan dan logis, mengikuti struktur laporan. 
    • Bahasa Formal: Gunakan bahasa yang baku, jelas, singkat, dan tepat. 
    • Fokus pada Objek: Informasi yang disajikan harus berkaitan langsung dengan objek yang diamati. 
    4. Pahami Struktur Laporan:
    Kenali bagian-bagian laporan untuk memahami bagaimana informasi disajikan
    • Deskripsi Umum: Penjelasan awal tentang objek yang diamati.
    • Deskripsi Bagian: Penjabaran rinci mengenai aspek-aspek tertentu dari objek.
    • Kesimpulan: Ringkasan dari hasil pengamatan.
    5. Tarik Kesimpulan yang Tepat:
    Setelah memahami semua informasi, tarik kesimpulan yang sesuai dengan fakta yang ada di laporan untuk mendapatkan pemahaman yang benar tentang objek yang diamat
Tujuan Membaca Hasil Pengamatan:
  • Memperoleh Informasi:
    Mendapatkan informasi yang rinci dan mendalam tentang suatu objek atau fenomena
Memahami Fakta:
Memahami kondisi dan karakteristik suatu objek berdasarkan data dan fakta yang diperoleh dari pengamatan langsung
contoh laporan pengamatan



Refleksi dan kesimpulan: 
Hari ini siswa beljar mengurutkan oecahan dan memepelajari operasi penjumlaham dan pengurangan oecahan dengan penyebut yg berbeda. Anak2 di tunjuk untuk maju mengejakan soal di papan tulos dan menyelesaikan nya.
Untuk pelejaran bahasa indonesia siswa mengali informasi penting dri hasil wawancara dalam sebuah teks.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025