Pembelajaran: kamis, 4 september 2025

 


 Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian.

Pembelajaran Seni Rupa
Makrame adalah karya seni tangan (handmade) untuk menggabungkan simpul yang terdiri atas beberapa tali atau benang. Karya seni makrame dapat berupa hiasan atau barang siap pakai.



Sementara itu, simpul adalah bentuk ikatan pada tali atau benang. Ikatan ini dapat digunakan untuk barang-barang sesuai kebutuhan ataupun hanya untuk estetika.

Untuk dapat membuat makrame, seseorang perlu memiliki keahlian menyimpul tali mulai dari dua buah tali, empat buah tali, dan sebagainya untuk menghasilkan sebuah karya kerajinan tangan. Contoh hasil karya makrame, yaitu gelang makrame, pita makrame, dan sebagainya.

Bahan-bahan pembuat makrame

1. Serat alam

Umumnya, serat alam dibuat dari serat tumbuh-tumbuhan. Ciri-ciri serat alam, adalah teksturnya sedikit kasar dan serat dari tali dapat terlihat dengan lebih jelas. Contoh serat alam, yaitu serat kulit kelapa, serat pohon waru, dan serat rotan.

2. Serat buatan

Serat buatan merupakan serat atau tali yang berasal dari bahan sintetis. Umumnya, diproduksi dengan skala besar oleh pabrik benang.

Ciri-ciri serat buatan, yaitu halus, tahan lama, dan lebih kuat dari serat alami. Contohnya, serat dari nilon dan rafia.

Teknik pembuatan markame

1. Teknik anyaman

Teknik anyaman adalah teknik membuat karya seni rupa yang dilakukan dengan cara menumpang tindihkan (menyilangkan). Umumnya bahan anyam yang digunakan, yaitu berupa lungsi dan pakan.

Bahan-bahan anyaman ini dapat dibuat dari tumbuh-tumbuhan yang sudah dikeringkan, seperti lidi, rotan, akar, dan dedaunan untuk dijadikan suatu rumpun yang kuat (tampar).

2. Teknik simpul

Teknik simpul merupakan bentuk ikatan pada tali atau benang, ikatan ini bermanfaat untuk dijadikan hiasan. Teknik ini sering digunakan untuk membuat karya seni makrame.

3. Teknik rajut

Rajut adalah teknik membuat kain dan pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Untuk merajut, seseorang hanya menggunakan sehelai benang.

Teknik ini dapat dilakukan dengan tangan ataupun mesin. Teknik dasar dalam merajut, yaitu tusuk atas dan tusuk bawah. Tusuk atas dilakukan dengan cara mengaitkan benang dari arah depan, sementara tusuk bawah adalah mengait benang dari arah belakang.

4. Teknik menempel

Teknik menempel adalah merancang pembuatan karya seni rupa dengan cara melekatkan suatu bahan pada tempat tertentu. Bahan ini dapat menggunakan baik dengan bahan yang sama ataupun bahan yang berbeda.

5. Teknik menjahit

Teknik menjahit dilakukan dengan cara menyambungkan kain dan bahan-bahan lain yang bisa dilalui jarum jahit dan benang. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan (manual) atau mesin jahit.


Mapel IPAS

Tujuan Pembelajaran

·      Mengidentifikasi berbagai sistem organ dalam tubuh manusia Sistem pernapasan, pencernaan, peredaran darah, dan system ekskresi)


sistem pencernaan kelas 6 SD berfokus pada pemahaman organ-organ utama seperti mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus, serta fungsi masing-masing dalam memproses makanan menjadi nutrisi yang bisa diserap tubuh dan mengeluarkan sisa limbahSiswa akan belajar tentang pencernaan mekanis (gerakan mengunyah, meremas) dan kimiawi (menggunakan enzim) serta proses penyerapan nutrisi dan pembentukan feses.

Organ dan Fungsi Utama Sistem Pencernaan
  • Mulut:
    Tempat makanan pertama masuk, tempat terjadi pencernaan mekanis (mengunyah oleh gigi) dan kimiawi (pencampuran dengan air liur oleh enzim amilase)
Kerongkongan (Esofagus):
Saluran otot yang mendorong makanan dari mulut ke lambung melalui gerakan peristaltik

Lambung:
  • Makanan dihaluskan oleh gerakan otot lambung dan dicampur dengan asam serta enzim untuk pencernaan kimiawi. 
Usus Halus:
Tempat utama penyerapan sari-sari makanan ke dalam darah. Terdiri dari usus 12 jari, usus kosong, dan usus penyerapan

Usus Besar:
Menyerap air dari sisa makanan dan memadatkan sisa makanan menjadi feses (kotoran)

Rektum dan Anus:
  • Bagian akhir sistem pencernaan tempat feses disimpan sementara di rektum dan dikeluarkan dari tubuh melalui anus. 
Jenis Pencernaan
  • Pencernaan Mekanis:
    Proses penghalusan, pengunyah, dan peremasan makanan menggunakan organ seperti gigi dan otot. 
  • Pencernaan Kimiawi:
    Penguraian makanan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil dengan bantuan enzim yang dihasilkan oleh organ seperti kelenjar ludah, lambung, dan pankreas. 
Proses Lengkap Pencernaan 
  1. Makanan masuk ke mulutDikunyah dan dicampur air liur.
  2. Masuk ke kerongkonganMakanan didorong peristaltik ke lambung.
  3. Diproses di lambungMakanan dihaluskan dan dicampur enzim untuk pemecahan lebih lanjut.
  4. Nutrisi diserap di usus halusSari-sari makanan diserap ke dalam darah.
  5. Air diserap di usus besarSisa makanan dipadatkan menjadi feses.
  6. Feses dikeluarkanMelalui rektum dan anus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025