Pembelajaran: selasa, 2 september 2025

 


 Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian.

Pendidikan Pancasila

Tujuan Pembelajaran

Murid dapat Menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai warga Negara..



1. Norma

Norma adalah aturan yang berlaku di masyarakat dan harus dipatuhi agar hidup tertib dan harmonis.

Jenis-jenis norma:

  • Norma agama: Aturan yang berasal dari ajaran agama.

  • Norma kesusilaan: Aturan yang berhubungan dengan hati nurani dan moral.

  • Norma kesopanan: Aturan dalam bertingkah laku yang sopan dan santun.

  • Norma hukum: Aturan tertulis yang dibuat oleh pemerintah dan memiliki sanksi hukum.


✅ 2. Hak

Hak adalah sesuatu yang boleh kita terima atau dapatkan sebagai warga negara.

Contoh hak:

  • Mendapat pendidikan

  • Mendapat perlindungan hukum

  • Mendapat pelayanan kesehatan

  • Menyampaikan pendapat


✅ 3. Kewajiban

Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan sebagai warga negara.

Contoh kewajiban:

  • Menaati peraturan dan hukum

  • Menghormati orang tua dan guru

  • Membayar pajak (bagi orang dewasa)

  • Menjaga kebersihan lingkungan


📊 Contoh Penyajian Hasil Identifikasi

📋 Tabel 1: Bentuk-Bentuk Norma di Sekitar Kita

Jenis NormaContoh di SekolahContoh di Rumah
Norma AgamaBerdoa sebelum belajarSalat tepat waktu
Norma KesusilaanTidak menyontek saat ulanganTidak berkata kasar
Norma KesopananMenghormati guruMengucapkan salam
Norma HukumTidak mencuri barang temanTidak merusak fasilitas umum

📋 Tabel 2: Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara

Hak sebagai Warga NegaraKewajiban sebagai Warga Negara
Mendapat pendidikanBelajar dengan sungguh-sungguh
Mendapat perlindungan hukumMenaati aturan dan hukum
Menyampaikan pendapatMenghormati pendapat orang lain
Mendapat fasilitas umumMenjaga fasilitas umum agar tetap baik



IPAS
Tujuan pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran

·      Mengidentifikasi berbagai sistem organ dalam tubuh manusia Sistem pernapasan, pencernaan, peredaran darah, dan system ekskresi)


sistem pencernaan kelas 6 SD berfokus pada pemahaman organ-organ utama seperti mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus, serta fungsi masing-masing dalam memproses makanan menjadi nutrisi yang bisa diserap tubuh dan mengeluarkan sisa limbahSiswa akan belajar tentang pencernaan mekanis (gerakan mengunyah, meremas) dan kimiawi (menggunakan enzim) serta proses penyerapan nutrisi dan pembentukan feses.

Organ dan Fungsi Utama Sistem Pencernaan
  • Mulut:
    Tempat makanan pertama masuk, tempat terjadi pencernaan mekanis (mengunyah oleh gigi) dan kimiawi (pencampuran dengan air liur oleh enzim amilase)
Kerongkongan (Esofagus):
Saluran otot yang mendorong makanan dari mulut ke lambung melalui gerakan peristaltik

Lambung:
  • Makanan dihaluskan oleh gerakan otot lambung dan dicampur dengan asam serta enzim untuk pencernaan kimiawi. 
Usus Halus:
Tempat utama penyerapan sari-sari makanan ke dalam darah. Terdiri dari usus 12 jari, usus kosong, dan usus penyerapan

Usus Besar:
Menyerap air dari sisa makanan dan memadatkan sisa makanan menjadi feses (kotoran)

Rektum dan Anus:
  • Bagian akhir sistem pencernaan tempat feses disimpan sementara di rektum dan dikeluarkan dari tubuh melalui anus. 
Jenis Pencernaan
  • Pencernaan Mekanis:
    Proses penghalusan, pengunyah, dan peremasan makanan menggunakan organ seperti gigi dan otot. 
  • Pencernaan Kimiawi:
    Penguraian makanan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil dengan bantuan enzim yang dihasilkan oleh organ seperti kelenjar ludah, lambung, dan pankreas. 
Proses Lengkap Pencernaan 
  1. Makanan masuk ke mulutDikunyah dan dicampur air liur.
  2. Masuk ke kerongkonganMakanan didorong peristaltik ke lambung.
  3. Diproses di lambungMakanan dihaluskan dan dicampur enzim untuk pemecahan lebih lanjut.
  4. Nutrisi diserap di usus halusSari-sari makanan diserap ke dalam darah.
  5. Air diserap di usus besarSisa makanan dipadatkan menjadi feses.
  6. Feses dikeluarkanMelalui rektum dan anus.
Refleksi dan kwsimpulan: 
Dihari ini siswa dgn senang mempelajari sistem percenaan dengan menyimak video tentang alir penvernaan manusia, dan untuk pelajaran pend pancasila siswa memahami perbedaan sangsi dari norma2 yg ada di sekitar 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025