Pembelajaran: senin, 8 september 2025
Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian.
Mapel Matematika
Tujuan Pembelajaran
Membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli
Materi
Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama
Untuk penjumlahan dan pengurangan pecahan, penyebut harus disamakan terlebih dahulu jika berbeda, kemudian pembilangnya baru dijumlahkan atau dikurangkan.Jika penyebutnya sudah sama, operasi langsung dilakukan pada pembilangnya. Mencari penyebut yang sama berarti mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari penyebut yang berbeda.
Langkah-langkah Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
- Penjumlahan: Jumlahkan kedua pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap sama.
- Contoh: 1/4 + 2/4 = (1+2)/4 = 3/4.
2. Pengurangan: Kurangkan kedua pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap sama.- Contoh: 3/5 - 1/5 = (3-1)/5 = 2/5
- 2. Jika Penyebut Berbeda (Pecahan Tak Serupa):
- Samakan penyebut: Cari KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari kedua penyebut untuk dijadikan penyebut yang sama.
- Ubahlah pecahan: Ubah kedua pecahan menjadi pecahan yang senilai dengan penyebut baru.
- Jumlahkan/Kurangkan: Setelah penyebutnya sama, jumlahkan atau kurangkan pembilangnya sesuai operasi yang diminta.
- Contoh Penjumlahan: 1/2 + 1/3.
- KPK dari 2 dan 3 adalah 6.
- 1/2 = 3/6 dan 1/3 = 2/6.
- 3/6 + 2/6 = (3+2)/6 = 5/6.
Contoh Pengurangan: 3/4 - 1/2.- KPK dari 4 dan 2 adalah 4.
- 3/4 tetap 3/4.
- 1/2 = 2/4.
- 3/4 - 2/4 = (3-2)/4 = 1/4.
- Mengapa Penyebut Harus Sama?Kita hanya bisa menjumlahkan atau mengurangkan pecahan jika pecahannya homogen, yaitu memiliki penyebut yang sama, karena akan memudahkan perbandingan antara bagian pecahan.
Mapel Bahasa Indonesia
- Materi Membaca Hasil Pengamatan
Membaca hasil pengamatan berarti memahami informasi secara objektif dan sistematis berdasarkan fakta yang telah diamati secara langsung untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang objek atau fenomena yang diteliti. Caranya adalah dengan membaca secara menyeluruh untuk memahami konteks dan alur cerita, lalu fokus pada fakta-fakta penting dengan bahasa yang jelas, singkat, dan mudah dipahami, serta memperhatikan struktur laporan yang terdiri dari deskripsi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan.- Cara Membaca Hasil Pengamatan:
- Pahami terlebih dahulu keseluruhan isi laporan untuk mendapatkan gambaran umum tentang objek yang diamati dan hubungan antar informasi.
- Setelah membaca secara keseluruhan, cari dan identifikasi informasi-informasi kunci yang berkaitan langsung dengan objek pengamatan.
- Objektif: Pastikan laporan hanya memuat fakta-fakta yang didukung oleh bukti pengamatan, tanpa opini pribad
- Sistematis: Informasi disajikan secara berurutan dan logis, mengikuti struktur laporan.
- Bahasa Formal: Gunakan bahasa yang baku, jelas, singkat, dan tepat.
- Fokus pada Objek: Informasi yang disajikan harus berkaitan langsung dengan objek yang diamati.
Kenali bagian-bagian laporan untuk memahami bagaimana informasi disajikan - Deskripsi Umum: Penjelasan awal tentang objek yang diamati.
- Deskripsi Bagian: Penjabaran rinci mengenai aspek-aspek tertentu dari objek.
- Kesimpulan: Ringkasan dari hasil pengamatan.
Setelah memahami semua informasi, tarik kesimpulan yang sesuai dengan fakta yang ada di laporan untuk mendapatkan pemahaman yang benar tentang objek yang diamat
Komentar
Posting Komentar