Materi ajar
Hari : kamis 6 februari 2020
Pengumpulan data dan penyajian data dalam bentuk tabel.
Siswa kelas VI sedang melaksanakan ulangan matematika. Dari 24 siswa diperoleh hasil ulangan setiap siswa sebagai berikut.
8 7 6 5 9 8 8 6
6 8 9 7 8 6 5 8
8 6 7 7 8 5 6 7
Berapakah siswa yang memperoleh nilai 7? Berapakah nilai tertinggi yang diperoleh siswa? Berapakah siswa yang mendapat nilai tertinggi? Agar lebih mudah menjawabnya, maka kumpulan data tersebut dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Pelajarilah materi berikut ini dengan saksama agar kamu dapat memahaminya.
A. Menyajikan Data ke Bentuk Tabel dan Diagram
Data yang telah dikumpulkan dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Data yang disajikan dalam bentuk diagram akan memudahkan dalam membaca dan menafsirkan data tersebut. Ada empat macam diagram yang akan kamu pelajari yaitu diagram gambar, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Berikut adalah contoh - contohnya :
Setelah melihat contoh di atas, kita ketahui bahwa :
Dari diagram di atas, dapat kita simpulkan bahwa :
Hari : kamis 6 februari 2020
Pengumpulan data dan penyajian data dalam bentuk tabel.
Siswa kelas VI sedang melaksanakan ulangan matematika. Dari 24 siswa diperoleh hasil ulangan setiap siswa sebagai berikut.
8 7 6 5 9 8 8 6
6 8 9 7 8 6 5 8
8 6 7 7 8 5 6 7
Berapakah siswa yang memperoleh nilai 7? Berapakah nilai tertinggi yang diperoleh siswa? Berapakah siswa yang mendapat nilai tertinggi? Agar lebih mudah menjawabnya, maka kumpulan data tersebut dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Pelajarilah materi berikut ini dengan saksama agar kamu dapat memahaminya.
A. Menyajikan Data ke Bentuk Tabel dan Diagram
Data yang telah dikumpulkan dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Data yang disajikan dalam bentuk diagram akan memudahkan dalam membaca dan menafsirkan data tersebut. Ada empat macam diagram yang akan kamu pelajari yaitu diagram gambar, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Berikut adalah contoh - contohnya :
1. Diagram Gambar
Diagram Gambar Diagram gambar adalah diagram yang berbentuk lambang-lambang. Contohnya Seperti dibawah ini :
Diagram Gambar |
Siswa yang memiliki nilai 5 = 4 anak
Siswa yang memiliki nilai 6 = 9 anak
Siswa yang memiliki nilai 7 = 12 anak
Siswa yang memiliki nilai 8 = 8 anak
Siswa yang memiliki nilai 9 = 7 anak
Jumlah Siswa Kelas 6 adalah 40 anak.
2. Diagram Batang
Diagram batang merupakan gambar batang yang digunakan untuk memudahkan membaca data. Batang-batang disusun secara vertikal, tinggi batang menunjukkan banyaknya data. Sumbu horizontal menunjukkan macam data. Seperti gambar berikut :
![]() |
Diagram Batang |
Siswa yang memiliki nilai 4 = 3 anak
Siswa yang memiliki nilai 5 = 4 anak
Siswa yang memiliki nilai 6 = 4 anak
Siswa yang memiliki nilai 7 = 7 anak
Siswa yang memiliki nilai 8 = 11 anak
Siswa yang memiliki nilai 9 = 8 anak
Siswa yang memiliki nilai 10 = 3 anak
Maka jumlah siswa dari kelas VI adalah 40 anak
3. Diagram Lingkaran
3. Diagram Lingkaran
Diagram lingkaran adalah gambar yang berbentuk lingkaran dan berfungsi untuk menyajikan data. Pada diagram lingkaran, setiap kelompok data diwakili oleh juring-juring lingkaran sehingga satu lingkaran penuh mewakili keseluruhan data.
Untuk memperoleh bagian daerah pada diagram lingkarannya, maka kita harus membuat daerah-daerah data. Untuk membentuk daerah data pada lingkaran data diubah dalam satuan derajat
![]() |
Diagram Lingkaran, Makanan Pokok di Indonesia |
Contoh diagram di atas, apabila terdapat 30 ton seluruh makanan pokok di Indonesia, dan jumlah padi adalah 15 ton, jumlah jagung 7,5 ton, dan jumlah sagu 7,5 ton.
4. Diagram Garis
Diagram garis adalah diagram yang menyajikan suatu data dengan menggunakan garis. Mirip sekali dengan Diagram Batang.
B. Menentukan Rata-rata Hitung (Mean) dan Nilai Paling Sering Muncul (Modus)
1. Menentukan Rata-Rata Hitung dan Modus
Rata-rata hitung disebut juga mean. Untuk menentukan rata-rata hitung digunakan rumus.
Perhatikan contoh berikut!
Contoh :
1. Ahmad mengikuti ulangan matematika sebanyak 5 kali dengan nilai
7 9 8 6 10
Tentukan rata-rata nilai ulangan Ahmad!
Maka rata-rata nilai ulangan Ahmad = 8.
2. Nilai ulangan matematika kelas VI sebagai berikut
Jadi, Rata-rata nilai ulangan Matematika Kelas VI adalah 6,925.
2. Menentukan Modus, Nilai Tertinggi, dan Nilai Terendah
Data yang sudah terkumpul dapat ditentukan nilai tertinggi dan nilai terendah. Dengan mengurutkan data yang ada kamu dapat menentukan nilai tertinggi dan nilai terendah. Kemudian kamu dapat dengan mudah menyajikannya dalam bentuk tabel. Agar kamu lebih memahaminya pelajarilah contoh berikut ini.
Contoh :
a. Urutkan data tersebut dari yang terkecil.
b. Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel.
c. Nilai berapakah yang paling banyak diperoleh siswa?
d. Berapakah nilai ulangan terendah yang diperoleh siswa?
e. Berapakah nilai ulangan tertinggi yang diperoleh siswa?
Jawab :
a. 5, 5, 6, 6, 6, 6, 7,7,7,7,7,7,7,8,8,8,8,9,9,10
b.
c. 7
d. 5
e. 10
Data yang paling sering muncul dalam sekelompok data disebut modus. Dengan mengurutkan data kamu juga dapat menentukan data mana yang sering muncul atau frekuensinya terbanyak. Modus tabel di atas adalah 7 karena nilai 7 paling sering keluar.
Komentar
Posting Komentar