Materi ajar hari senin, 13 januari 2025

 

SELAMAT PAGI, TABIK PUN ......

Selamat pagi,,,,Tabik pun


Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI B , apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha

Hari ini kalian kembali ke sekolah setelah melaksanakan weekend selama dua hari, Bpk Guru yakin kalian ada yang pergi jalan-jalan bersama keluarga ke tgempat hiburan, ada yang di nrumah saja membantu oraang tua membersihkan rumah dan bahkan ada yang berkunjung ke rumah nenek. Bpk Guru harap semoga hari ini para ananda semua sudah lebih semangat lagi dalam mengikuti pelajaran selanjutnya.

TEMA 6 SUBTEMA 2 PB 5 DAN 6

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

      1. Dengan kegiatan membuat kliping, Peserta didik dapat menunjukkan bacaan berisi ciri-ciri masa pubertas.

      2.Dengan kegiatan membaca, Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pelaksanaan hak sebagai warga negara.

      3.Dengan kegiatan berlatih, Peserta didik dapat menuliskan kalimat utama dan gagasan utama setiap paragraf.

      4.Dengan kegiatan mengamati gerak tari daerah, Peserta didik dapat menunjukkan gerak tari kreasi jenis tunggal dengan tepat.

   5.Dengan kegiatan berlatih gerak tari kreasi jenis tunggal, Peserta didik dapat memperagakan gerak tari kreasi jenis tunggal dengan tepat.

TEMA 6                             : MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA

SUBTEMA 2                     : MEMBANGUN MASYARAKAT SEJAHTERA

       PEMBELAJARAN             : 5 DAN 6

 MUATAN SBDP (KD. 3.3 DAN 4.3)

 PROPERTI YANG DIGUNAKAN PADA TARI TUNGGAL

Properti yang digunakan untuk pementasan tari tunggal:

a. tali / pita

b. piring

c. bola kecil

d. kipas

e. dbs

Contoh tari tunggal adalah:
  • Tari Pendet.
  • Tari Srimpi.
  • Tari Kancet.
  • Tari Baris.
  • Tari Jaipong.
  • Tari Legong.
  • Tari Gambyong.
  • Tari Kancet Ledo.

Simaklah contoh video tari tunggal pembelajaran di bawah ini :



MUATAN BAHASA INDONESIA (KD.3.8 DAN 4.8)

Cara menggali informasi teks nonfiksi dapat dilakukan dengan membaca saksama teks yang disediakan. Setelah itu, kita dapat menandai atau mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks. Setelah menggali informasi, konsep-konsep yang saling berkaitan akan ditemukan pada teks nonfiksi tersebut.

Berikut cara menggali informasi yang ada di dalam teks nonfiksi, yaitu: 

1. Mendapatkan Informasi Melalui Indeks 

Indeks adalah daftar kata atau istilah yang penting, biasanya indeks terletak pada halaman akhir dan tersusun berurutan berdasarkan abjad.

Jadi, jika tidak mengetahui arti dari istilah penting tersebut ketika membaca teks nonfiksi, kita bisa memeriksanya pada halaman indeks. 

2. Mencatat Informasi dalam Teks Nonfiksi 

Selain itu, catatlah segala informasi penting yang dibutuhkan sesuai yang tercantum dalam teks nonfiksi.

Dari catatan penting itulah kita mendapatkan informasi yang bisa digunakan sebagai sumber dalam penelitian terbaru.

Jika tidak mengetahui kata atau istilah yang dimaksud, bisa dicari dalam kamus dan menghubungkannya dengan kalimat yang ditulis oleh penulis teks nonfiksi. 

3. Teknik Membaca untuk Menemukan Informasi Teks Nonfiksi 

Ketika membaca teks nonfiksi kita membutuhkan teknik khusus agar menemukan informasi lebih cepat dan tepat.

Bacalah teks nonfiksi dengan menggerakkan mata secara cepat dan temukan kata yang dianggap penting.

Tapi meskipun membaca cepat, tetap baca keseluruhan isi teks dengan benar dan memahami isinya. 

4. Menentukan Kalimat Utama dan Gagasan Utama pada Setiap Paragraf 

Cara menemukan kalimat utama adalah dengan menemukan kalimat yang bisa berdiri sendiri dan tidak membutuhkan kalimat penjelas.

Jadi, bersifat umum dan memuat permasalahan yang akan dibahas.

Sedangkan, gagasan utama bisa ditemukan jika kita menemukan kalimat utama dan kalimat penjelas. 

5. Membuat Daftar Pertanyaan 

Tujuan membaca teks nonfiksi adalah untuk mendapatkan informasi.

Caranya bisa dengan membuat daftar pertanyaan yang ingin kita ketahui melalui teks nonfiksi tersebut.

MATERI MATEMATIKA 

Tabung



- Sifat Tabung
- Jaring-jaring Tabung

- Volume Tabung
- Luas permukaan

Tabung

Matematika 2

A. Sifat-sifat Tabung

Bangun tabung merupakan suatu bangun ruang tiga dimensi yang
mempunyai tutup dan alas yang berbentuk lsebuah ingkaran dengan
memiliki ukuran yang sama dan diselimuti oleh persegi panjang.

Sifat Tabung
1. Tabung memiliki 3 buah sisi, 1 persegi panjang, 2 lingkaran.
2. Tidak memiliki rusuk.
3. Tidak memiliki titik sudut.
4. Tidak memiliki bidang diagonal.
5. Tidak memiliki diagonal bidang.
6. tabung memiliki sisi alas serta sisi atas berhadapan yang kongruen.
7. Tinggi tabung merupakan jarak titik pusat bidang lingkaran alas dengan

titik pusat lingkaran atas.
8. Bidang tegak tabung berwujud lengkungan yang disebut sebagai selimut

tabung.
9. Jaring-jaring tabung berwujud 2 buah lingkaran serta 1 persegi panjang.

Matematika 3

Matematika 4

B. Jaring-jaring Tabung

Jaring-jaring pada tabung terdiri atas :

1. Dua buah lingkaran (alas dan tutup) yang kongruen dengan jari-jari r.
2. Sebuah selimut yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran :

Kemudian, karena persegi panjang tersebut melingkar di sekeliling alas dan tutup,
maka panjang dari selimut tabung akan sama dengan keliling dari alas maupun
tutup tabungnya dan lebar dari persegi panjang tersebut merupakan tinggi dari
tabung yang terbentuk.

Matematika 5

C. Volume Tabung

Rumus pada Tabung
• Rumus untuk menghitung luas alas: luas lingkaran=π x r2
• Rumus untuk menghitung volume pada tabung: π x r2 x t
• Rumus untuk menghitung keliling alas pada tabung: 2 x π x r
• Rumus untuk menghitung luas pada selimut tabung: 2 x π x r x t
• Rumus untuk menghitung luas pada permukaan tabung: 2 x luas

* MEDIA/SUMBER PEMEBELAJARAN:

- BUPENA

- LCD

- Video tari


* METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, pengamatan

REFLEKSI/KESIMPULAN:

Pada kegiatan pembelajaran hari ini tentang materi properti yang digunakan pada tari tunggal dan menggali informasi pada teks nonfiksi, alhamdulillah para peserta didik memahami materi dengan baik. Kemudian apak guru memberikan latihan soal yang diatas alhamdulilah para peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM semua. Selain itu hari ini juga beberapat peserta didik melakukan praktek tari tunggal didepan kelas, dengan memberikan contoh video tari yang ada di blogger dan ada tari yang sesuai permintaan peserta didik yang ditampilkan.


Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025