MATERI AJARHARI KAMIS, 31 OKTOBER 2024

        

SELAMAT PAGI, TABIK PUN ......

MATERI HARI INI :

KELAS                                    : 6B 

TEMA 4 : GLOBALISASI 

SUBTEMA 2  : GLOBALISASI & MANFAATNYA 

PEMBELAJARAN 4 DAN 5

Selamat pagi,,,,TABIk pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. B, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Pada hari ini kita kembali belajar seperti biasa setelah para ananda melaksanakan PTS, semoga hasil nilai PTS ananda semua mendapatkan nilai yang terbaik aamiin. Setelah para ananda melaksanakan PTS semoga semakin semangat belajarnya dan lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran.

TUJUAN PEMBELAJARAN 


Tujuan Pembelajaran

       1. Setelah mencari informasi, peserta diidk mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam   kerja sama di bidang politik dalam lingkup ASEAN setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi keberagaman ekonomi.


           2. Setelah berdiskusi, peserta didik     mampu membuat brosur berdasarkan brosur yang baik dengan menarik


  3. Setelah membaca, peserta didik mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku.




Bukalah bukumu halaman 83



MUATAAN IPS (KD 3.6 DAN 4.6)

Peran Indonesia dalam kerjasama mengatasi peredaran obat-obatan terlarang
 
Gejala sosial yang saat ini menjadi sorotan salah satunya adalah peredaran obat-obatan terlarangyang harus diatasi Negara-negara ASEAN karena obatan  terlarang memberikan dampak negatifterhadap generasi muda.
 
Oleh sebab itu Negara di ASEAN harus berkerjasama dalam memberantas peredaran obatan terlarang. Peran Indonesia dalam pemberantasan obatan terlarang seperti :

   1. Kepolisan Indonesia seringkali menangkap pengedar obatan terlarang yang berasal dari               negara-negara  ASEAN
   2. Pemberian hukuman bagi pelaku dengan dukungan darri negara asal pelaku
 Hal tersebut membuktikan kerjasama dan persatuan dalam memberantas obatan terlarang     kejahatan lintas  negara yang di miliki oleh negara-negara ASEAN.


MUATAN SBDP (KD 3.1 DAN 4.1 )

Brosur dan ciri-ciri brosur

 

 Brosur adalah selebaran yang dibagikan atau ditempel yang berisi informasi penting yang ditujukan kepada pembaca .

 

Ciri-ciri brosur:

§  Brosur memiliki ukuran lebih kecil dari poster (ukuran A5,  14,8cm x 22 cm)

§  Brosur biasanya ditempel atau diletakan ditempat yang sudah disediakan atau dibagikan ditempat umum

§  Brosur berisi informasi penting atau ajakan berbuat seuatu

§  Tulisan didalam brosur lebih banyak tetapi tetap dilengkapi dengan gambar

 

Tiga macam bentuk brosur:

1.     Brosur Tanpa Lipatan

Brosur tanpa lipatan bisa di kenal dengan nama Flyer, dimana brosur tidak memiliki lipatan dan ukuran yang banyak digunakan oleh pengusaha yaitu A5 ( 14.8 cm x 21 cm), A4 dan DL (1/4 kertas kuarto). Brosur jenis ini bisa digunakan untuk media promosi dengan memberi informasi yang singkat.

2.    Brosur Lipat dua

Brosur 2 lipatan umumnya menggunakan kertas A4 dengan ukuran 21 cm x 29.7 cm. Kertas akan dilipat 2 dengan begitu ada 4 halaman depan dan belakang. Brosur jenis ini biasa digunakan untuk promosi yang lebih banyak menampilkan gambar atau memiliki gambar yang jauh lebih besar.

3.    Brosur Lipa tiga

Jenis dan ukuran brosur terakhir dengan 3 lipatan menjadi brosur yang populer dan paling banyak digunakan untuk promosi barang atau jasa. Kertas yang di pakai untuk membuat brosur 3 lipatan yaitu A4 ukuran 21 cm x 29.7 cm dimana kertas akan di lipat menjadi 3 bagian sehingga brosur akan memiliki 6 halaman depan dan belakang. 


Cara membuat brosur

§  Menentukan tema atau ide

§  Memilih jenis brosur

§  Memilih judul yang menarik

§  Mengatur tulisan pada informasi agar lebih mudah dibaca

§  Menyesuaikan ukuran gambar dan tulisan

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.3 DAN 4.3)

MENEMUKAN INFORMASI PENTING SUATU TEKS DENGAN MENJAWAB PERTANYAAN

Setiap teks eksplanasi selalu memuat informasi penting di dalamnya. Menemukan informasi penting dengan cara membaca sungguh-sungguh. Setelah selesai membaca keseluruhan isi teks, kamu dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang teks,mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang teks, menggunakan kata tanya berupa apa, siapa, bagaimana, siapa,kapan, mengapa dan berapa.


 MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- BUPENA

- Contoh brosur

- LCD

METODE PEMBELAJARAN :

- Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025