Pembelajaran: kamis, 2 oktober 2025

 


 Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian

Pembelajaran IPAS

Materi 

Sendi
  • Fungsi: Menghubungkan dua tulang atau lebih sehingga memungkinkan tulang bergerak. 
  • Jenis Sendi Berdasarkan Gerakan:
  • endi Putar: Memungkinkan satu tulang berputar pada tulang lain, contohnya sendi pada leher. 
  • Sendi Engsel: Mengizinkan gerakan satu arah seperti pada siku dan lutut. 
  • Sendi Peluru: Memungkinkan gerakan ke segala arah seperti pada bahu dan pinggul. 
  • Sendi Pelana: Mengizinkan gerakan dua arah, contohnya sendi pada pangkal ibu jari. 


  • Seni Rupa
    Tujuan Pembelajaran:
    Menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran Seni Rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya (Anyaman)

    A. Pengertian Anyaman

    Anyaman adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menyilang-nyilangkan bahan secara teratur, sehingga membentuk pola dan memiliki nilai fungsi dan estetika.

    C. Bahan yang Dapat Digunakan untuk Anyaman

    • Bahan alam: daun kelapa, daun pandan, bambu, rotan.

    • Bahan buatan: kertas, pita plastik, sedotan, tali rafia.

    D. Jenis Teknik Anyaman

    1. Teknik Anyaman Searah: menyilang satu arah (misalnya horizontal saja).

    2. Teknik Anyaman Silang: menyilang dua arah (horizontal dan vertikal).

    3. Teknik Anyaman Diagonal: menyilang secara miring (sudut tertentu).

    E. Langkah-langkah Membuat Anyaman Sederhana

    1. Menyiapkan bahan dan alat.

    2. Membuat pola dasar (misalnya garis lurus atau kotak).

    3. Memulai proses menyilang bahan (dari tengah atau dari ujung).

    4. Merapikan hasil anyaman (memastikan tarikan tidak longgar).

    5. Memotong dan menyusun akhir sesuai bentuk yang diinginkan.

    F. Kosakata Kunci Seni Anyaman

    Murid harus mengenal dan menggunakan kata-kata berikut dalam penilaian dan presentasi:

    • Anyaman

    • Jalur

    • Menyilang

    • Pola

    • Tarikan

    • Teknik

    • Bahan alami / sintetis

    • Rapi

    • Estetika

    • Fungsi

    • Konsistensi

    • Inovatif

    • Kombinasi warna

    G. Contoh Penilaian dan Presentasi Karya

    “Saya membuat karya anyaman dari kertas berwarna. Saya menggunakan teknik silang dengan pola kotak. Warna yang saya pilih adalah merah dan putih untuk membuat kontras. Saya rasa karya saya sudah cukup rapi, tapi di bagian sudut ada yang kurang kencang. Saya akan memperbaikinya lain kali agar lebih kuat dan estetik.”

    H. Penilaian Karya Seni Anyaman

    Murid belajar menilai karya berdasarkan:

    • Kerapian

    • Kekuatan

    • Kombinasi warna

    • Kreativitas bentuk dan pola

    • Fungsi karya (apakah bisa digunakan


    • Materi: Manfaat Musyawarah

      Pendidikan Pancasila 


      🎯 Tujuan Pembelajaran:

      Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

      • Menjelaskan pengertian musyawarah.

      • Menyebutkan manfaat musyawarah dalam kehidupan sehari-hari.

      • Menunjukkan sikap positif terhadap kegiatan musyawarah di sekolah dan lingkungan.




      📖 A. Pengertian Musyawarah

      Musyawarah adalah proses berdiskusi bersama untuk mengambil keputusan yang adil dan bijaksana demi kepentingan bersama.

      Biasanya dilakukan:

      • Di kelas, saat memilih ketua kelas atau menentukan kegiatan.

      • Di rumah, saat keluarga membuat keputusan bersama.

      • Di masyarakat, saat ada kegiatan gotong royong atau acara kampung.


      🧠 B. Manfaat Musyawarah

      Berikut ini adalah beberapa manfaat dari musyawarah:

      1. ✅ Keputusan Lebih Adil

        • Semua orang diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat.

      2. ✅ Menumbuhkan Sikap Demokratis

        • Kita belajar menghargai pendapat orang lain.

      3. ✅ Mempererat Persatuan

        • Melalui musyawarah, kita belajar bekerja sama dan menjaga kekompakan.

      4. ✅ Mencegah Pertengkaran

        • Masalah bisa diselesaikan dengan cara damai, tanpa saling memaksakan kehendak.

      5. ✅ Melatih Tanggung Jawab

        • Kita ikut bertanggung jawab atas keputusan yang sudah disepakati bersama.


      🏫 C. Contoh Musyawarah di Sekolah

      • Memilih ketua kelas.

      • Menentukan jadwal piket kelas.

      • Menentukan tujuan karya wisata.

      • Membagi tugas dalam kelompok.


      🧩 D. Sikap yang Harus Dimiliki Saat Musyawarah

      1. Mendengarkan pendapat orang lain dengan sopan.

      2. Tidak memaksakan kehendak sendiri.

      3. Menghargai hasil keputusan bersama.

      4. Berani mengemukakan pendapat dengan santun.


      📝 E. Latihan Soal

      1. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?

      2. Sebutkan 3 manfaat musyawarah!

      3. Bagaimana sikap yang baik saat mengikuti musyawarah?

      4. Berikan contoh kegiatan musyawarah yang pernah kamu ikuti di sekolah!



      📌 Kesimpulan

      Musyawarah adalah cara yang baik untuk membuat keputusan bersama. Dengan musyawarah, kita belajar menghargai orang lain, menyelesaikan masalah secara damai, dan memperkuat rasa persatuan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025