MATERI AJAR HARI JUM'AT, 23 AGUSTUS 2024

 

SELAMAT PAGI, TABIK PUN ......

MATERI HARI INI :

KELAS                                    : 6B 

Tema                                     : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Subtema 1 : Rukun dalam Perbedaan 

PB : 6

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah membaca teks tentang tokoh Proklamasi Kemerdekaan, peserta didik mampu menyebutkan informasi penting menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

2.    Setelah berdiskusi, peserta didik mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail

3.   Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. 6. Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menerapkan tiga kegiatan yang sesuai dengan nilai persatuan dan kesatuan dalam kegiatannya di kelas.



MUATAN PPKN  (KD 3.4 DAN 4.4)

Nilai-Nilai Persatuan dalam Perbedaan di Lingkungan Sekolah

Untuk menjaga  semangat persatuan di tengah-tengah perbedaan yang ada, kita perlu memupuk sikap peduli, toleransi, dan mendahulukan kepentingan bersama. Ada banyak penerapan nilai-nilai persatuan di sekolah. berikut contoh kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam perbedaan di sekolah:

1. membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran,

2. melakukan piket kelas bersama-sama,

3. bermain bersama pada jam istirahat, tanpa membeda-bedakan, dan 

4. mengumpulkan sumbangan untuk teman yang terkena musibah.

Berikut manfaat yang diperoleh jika kita menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di sekolah:

1. dapat saling membantu jika ada pelajaran yang tidak dimengerti,

2. suasana belajar dikelas menjadi nyaman,

3. persahabatan semakin erat, dan 

4. membangun kekompakan ketika berolahraga.


MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.4 DAN 4.4)

MENULISKAN INFORMASI PENTING DALAM TEKS SEJARAH

Mengidentifikasi informasi penting dari suatu teks menggunakan kata tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana.


Kata tanya seperti "apa", "siapa", "di mana", "kapan", "mengapa", dan "bagaimana" dapat digunakan untuk mengidentifikasi informasi penting dari suatu teks: 
  • Apa: Menanyakan benda 
  • Siapa: Menanyakan orang, subjek, atau orang yang terlibat dalam suatu peristiwa atau kejadian 
  • Di mana: Menanyakan tempat atau lokasi terjadinya suatu peristiwa 
  • Kapan: Menanyakan waktu terjadinya peristiwa atau kejadian, seperti jam, tanggal, hari, bulan, tahun, dan keterangan waktu lainnya 
  • Mengapa: Menanyakan apa 
  • Bagaimana: Menanyakan keadaan atau kejelasan mengenai suatu hal, cara, atau proses pengerjaan sesuatu 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025