Pembelajaran : rabu ,30 juli 2025

 


 Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian

    Mata Pelajaran Matematika

    Tujuan Pembelajaran
    Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

    Model Pembelajaran Project Based Learning

    Media digital, video edukasi

    Materi 
    Penerapan Operasi Hitung Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan pembagian bilangan cacah

                                 


                 

    1. Penerapan Operasi Hitung:
      1. 1. Penjumlahan:
        • Konsep: Menggabungkan dua bilangan atau lebih untuk mendapatkan total. 
        • Contoh: Menghitung total permen yang dimiliki jika digabungkan dengan permen teman. 
        2. Pengurangan:
        • Konsep: Mengambil sebagian dari suatu bilangan. 
        • Contoh: Menghitung sisa permen setelah beberapa permen dimakan. 
        3. Perkalian:
        • Konsep: Penjumlahan berulang dari suatu bilangan. Contoh: Menghitung total harga jika membeli beberapa barang dengan harga yang sama. 

        • 4. Pembagian
        • Contoh: Membagi kue menjadi beberapa bagian sama untuk teman-tema
        Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari:
        • Belanja: Menghitung total belanjaan, menghitung diskon, atau menghitung kembalian.
        • Memasak: Menghitung jumlah bahan yang dibutuhkan, atau membagi makanan menjadi beberapa porsi.
        • Mengelola waktu: Menghitung durasi kegiatan, atau mengatur jadwal.
        • Mengukur: Mengukur panjang, lebar, atau tinggi suatu benda.


          •   Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

            Model Pembelajaran Project Based Learning

            Media digital, education
          •  Tujuan Pembelajafan enganalisis informasi dengan mengidentifikasikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilai- nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio.
          • Materi
          • Cerita dan Fakta
          • materi cerita dan fakta biasanya diajarkan untuk membedakan antara informasi yang berdasarkan kenyataan (fakta) dan informasi yang berdasarkan imajinasi atau cerita (fiksi)Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat mengidentifikasi dan memahami perbedaan keduanya, serta mampu membedakannya dalam berbagai teks bacaan atau cerita. 

            • Fakta adalah sesuatu yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya
              Ciri-ciri:
              Dapat diverifikasi atau dibuktikan. 
              Bersifat objektif. 
              • Tidak dipengaruhi oleh pendapat atau perasaan pribadi. 
              Contoh:"Bumi berbentuk bulat". 
              Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945". 
              "Suhu air mendidih adalah 100 derajat Celcius". 
              Fiksi adalah cerita rekaan atau khayalan yang tidak berdasarkan kenyataan. 
              Ciri-ciri:
              • Bersifat subjektif. 
              • Sulit atau tidak mungkin dibuktikan kebenarannya. 
              • Mengandung unsur imajinasi dan kreativitas. 
              Contoh:
              • "Dongeng tentang putri tidur". 
              • "Kisah seorang anak yang bisa berbicara dengan hewan

          • Kesimpulan dna refleksi: 
          • Murid dapat memahami orperasi bil cacah dalam kehidupam sehari hari, 
          • Murod menymak video dan mentukan topik, latar, alur, dan amanat dalam video yg di tayangkam oleh guru.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025