Pembelajaran selasa,29 juli 2025

 


 Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian

Mata Pelajaran PKn

Tujuan Pembelajaran
Menghubungkan sila-sila Pancasila dalam satu kesatuan yang utuh melalui kegiatan eksperimen dan diskusi kelompok

Model Pembelajaran Problem Based Learning
Problem Based Learning (PBL)

Media digital, video edukasi

Materi Hubungan Sila-Sila Pancasila dalam satu Kesatuan yang Utuh

Berikut adalah penjelasan hubungan antar sila-sila Pancasila:
  • Sila Pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa):
    Menjadi dasar moral dan etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menjadi landasan bagi sila-sila lainnya.
  • Sila Kedua (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab):
    Mengajarkan tentang pentingnya menghargai martabat manusia dan hidup berdampingan secara adil dan beradab, yang berkaitan erat dengan sila Ketuhanan dan Persatuan.
  • Sila Ketiga (Persatuan Indonesia):
    Menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, yang didasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan, serta saling berkaitan dengan sila Kerakyatan dan Keadilan.
       Sila Keempat (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan):
Mengajarkan tentang pentingnya musyawarah dan mufakat dalam pengambilan keputusan, yang harus dilandasi oleh nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, dan Persatuan.
  • Sila Kelima (Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia):
    Menggarisbawahi pentingnya keadilan dalam segala aspek kehidupan, yang merupakan tujuan dari sila-sila sebelumnya dan menjadi landasan bagi terciptanya kesejahteraan bersama. 

IPAS

Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat Menganalisis dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan ekosistem secara kritis dan bertanggung jawab

Alur Tujuan Pembelajaran:
1. Murid dapat Mengidentifikasi aktivitas manusia dan perubahan ekosistem.
2. Murid dapat Menganalisis sebab-akibat antara aktivitas manusia dan keseimbangan ekosistem.
     3. Murid dapat Mencari contoh nyata dan alternatif solusi.

Materi Pembelajaran:

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk dari interaksi makhluk hidup (biotik) dengan lingkungan fisik (abiotik) di suatu tempat.

Keseimbangan ekosistem terjadi bila komponen-komponen biotik dan abiotik berinteraksi secara harmonis.

🏭 Aktivitas Manusia yang Mempengaruhi Ekosistem

Aktivitas

Penjelasan Singkat

Penebangan hutan

Mengurangi tutupan pohon → habitat hilang → kepunahan satwa

Pembakaran hutan

Menyebabkan polusi udara, matinya organisme tanah

Limbah industri

Mencemari air dan tanah → mengganggu rantai makanan

Penggunaan pestisida

Membunuh serangga dan makhluk non-target → menurunkan biodiversitas

Urbanisasi berlebihan

Mengurangi lahan hijau, memicu banjir, dan mengganggu migrasi hewan

Overfishing (penangkapan ikan berlebihan)

Merusak populasi laut dan keseimbangan rantai makanan

 

⚖️ Dampak terhadap Keseimbangan Ekosistem

1. Dampak Negatif

·         Penurunan keanekaragaman hayati

·         Kepunahan spesies tertentu

·         Terganggunya rantai makanan

·         Peningkatan bencana alam (banjir, longsor, kekeringan)

·         Polusi udara, tanah, dan air

2. Dampak Positif (jika dilakukan dengan bijak)

·         Pembangunan pertanian berkelanjutan → penyediaan pangan

·         Energi terbarukan → mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil

·         Reboisasi → memperbaiki kembali ekosistem hutan yang rusak

🔍 Contoh Analisis Kritis

Contoh Kasus: Sebuah perusahaan membuka lahan sawit dengan membakar hutan.

Analisis:

·         Dampak langsung: polusi udara, hilangnya habitat

·         Dampak jangka panjang: berkurangnya populasi orangutan, perubahan iklim mikro

·         Tanggung jawab: menanam kembali pohon, tidak menggunakan metode pembakaran, memperhatikan AMDAL

🌍 Sikap Bertanggung Jawab terhadap Ekosistem

·         Menghemat air dan energi

·         Tidak membuang sampah sembarangan

·         Mendaur ulang dan mengurangi limbah

·         Menanam pohon dan menjaga kebersihan lingkungan

·         Mengedukasi orang lain tentang pentingnya ekosistem

💡 Rangkuman

·         Aktivitas manusia bisa berdampak positif atau negatif terhadap ekosistem.

·         Penting untuk bersikap kritis dalam menilai tindakan manusia terhadap alam.

·         Setiap individu memiliki tanggung jawab menjaga keseimbangan ekosistem.

Video Pembelajaran:

https://youtu.be/jqf8sWj_eoQ



Reflekai dan kesimpulan: 
Murid2 dengan berkelompok menentukan sikap sikap yang mencerminkan sila ke 1 sd ke 5 ,mempersentasilan hasil diskusi kelompok di depan kelas,murid lain menyimak.

Untuk materi IPAS siswa memahami kegiatam kegiatam manusia apasaja yang dapat merusak
Ekosistem dan keseimbangan nya.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025