Pembelajaran: kamis, 7 agustus 2025

 


 Assalamualaikum
Selamat datang dikelas 6C anak-anak hebat, kelas yang akan menjadi tempat kalian belajar, bermain , dan bertumbuh bersama selama satu tahun ke depan. Bapak berharap kalian semua dapat menyesuaikan diri dengan kelas baru kalian. Jangan malu bertanya jika ada hal yang belum kalian pahami dan kami akan selalu berusaha membantu kalian untuk belajar dengan baik dan nyaman.bapak juga berharap kalian selalu melaksanan sholat lima waktu tepat pada waktunya dan selalu murojaah surat-surat pendek,agar bertambah selalu hafalan kalian

PELAKSANAAN PENILAIAN FORMATIF I P A S

Tujuan Pembelajaran
Murid dapat mengerjakan soal ulangan dengan benar

Model Pembelajaran 
Discovery Learning

Media digital, video edukasi

Materi 
Ekosisten, 
Dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan


Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat mempresentasikan  penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni.

Materi Pokok

A. Pengertian Karya Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang diwujudkan dalam bentuk visual (dapat dilihat) dan dapat dirasakan secara inderawi, terutama melalui indera penglihatan dan peraba.

Jenis karya seni rupa:

  • Dua dimensi (2D): lukisan, gambar, batik, ilustrasi

  • Tiga dimensi (3D): patung, kerajinan, instalasi, kriya

📘 B. Unsur dan Prinsip Seni Rupa

1. Unsur-unsur Seni Rupa

UnsurPenjelasan
GarisBatas atau arah suatu bentuk
WarnaUnsur visual yang menarik perhatian dan membentuk suasana
BentukWujud visual, bisa geometris atau organik
TeksturKesan permukaan (halus, kasar, licin, dsb.)
RuangKesan kedalaman atau dimensi
Gelap terangPerbedaan cahaya untuk kesan volume dan kedalaman

2. Prinsip-prinsip Seni Rupa
  • Keseimbangan (balance)

  • Irama (rhythm)

  • Proporsi (proportion)

  • Harmoni (harmony)

  • Penekanan (emphasis)

  • Kesatuan (unity)

 C. Kosakata Seni yang Digunakan untuk Presentasi

TujuanKosakata Umum
Mendeskripsikan unsurgaris, warna, bentuk, tekstur, ruang, pencahayaan
Menilai estetikaharmoni, keseimbangan, proporsi, kontras, komposisi
Menjelaskan teknikmelukis, mengukir, membatik, mencetak, mencampur media
Mengungkap ekspresiemosional, ekspresif, simbolis, naturalistik, abstrak

🎤 D. Mempresentasikan Penilaian Karya Seni Rupa

  1. Perkenalan Karya
    Contoh:
    “Karya ini adalah lukisan cat air berjudul ‘Pagi di Desa’ karya Ana, menggunakan media kertas ukuran A3.”

  2. Deskripsi Unsur Seni
    “Karya ini menonjolkan warna-warna cerah seperti biru dan hijau. Garis-garisnya halus, menciptakan suasana tenang.”

  3. Analisis Teknik & Ekspresi
    “Teknik sapuan kuasnya lembut, menunjukkan keahlian dalam menciptakan tekstur alami. Karya ini menggambarkan ketenangan alam.”

  4. Penilaian (Apresiasi)
    “Komposisi visualnya seimbang dan harmonis. Karya ini berhasil menyampaikan suasana damai secara estetis.”

🎨 E. Mempresentasikan Proses Penciptaan Karya

Langkah-langkah yang bisa dipresentasikan siswa:

  1. Ide atau gagasan karya

  2. Pemilihan media dan teknik

  3. Proses pembuatan (dengan dokumentasi foto/video)

  4. Tantangan yang dihadapi

  5. Hasil akhir dan refleksi pribadi

Contoh kalimat:

“Saya menciptakan patung ini berdasarkan tema ‘kehidupan laut’. Bahan utama yang saya gunakan adalah tanah liat. Tantangan saya adalah membentuk detail ikan secara presisi.”

📝 F. Latihan dan Penilaian

1. Tugas Kelompok

  • Setiap kelompok menilai satu karya seni rupa menggunakan kosakata seni.

  • Sajikan hasil penilaian dalam presentasi 3–5 menit.

2. Tugas Individu

  • Buat karya seni rupa sederhana (gambar, kolase, mini patung).

  • Presentasikan proses penciptaan dan penilaian sendiri terhadap karyanya.


Pendidikan Pancasila

Tujuan Pembelajaran

MuriddapatMenguraikan makna nilainilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

A. Apa Itu Pancasila?

Pancasila adalah dasar negara Indonesia, pandangan hidup, dan ideologi bangsa.
Pancasila berasal dari dua kata Sansekerta:

  • Panca = lima

  • Sila = prinsip/aturan/dasar

Kelima sila Pancasila tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

📜 B. Bunyi Lima Sila Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

🌟 C. Makna dan Nilai-Nilai Pancasila

SilaMakna dan Nilai yang TerkandungContoh Sikap
1. Ketuhanan Yang Maha EsaPercaya dan bertakwa kepada Tuhan, menghormati agama lainBerdoa, tidak mengejek ibadah orang lain
2. Kemanusiaan yang adil dan beradabMenghargai sesama manusia, bersikap adil dan sopanMenolong teman, tidak membully
3. Persatuan IndonesiaCinta tanah air, menghargai perbedaanMenghormati teman dari suku/agama lain
4. Kerakyatan…Mengutamakan musyawarah, demokratisBermusyawarah dalam kelompok kelas
5. Keadilan sosial…Berbuat adil, peduli sesamaBerbagi makanan, tidak pilih kasih

📌 D. Pancasila Sebagai:

1. Dasar Negara

  • Pancasila menjadi dasar dalam menyusun hukum dan aturan di Indonesia.

  • Semua kegiatan kenegaraan harus sesuai dengan nilai Pancasila.

2. Pandangan Hidup Bangsa

  • Pancasila dijadikan pedoman dalam bertingkah laku sehari-hari.

  • Menjadi arah dalam bersikap di tengah masyarakat yang beragam.

3. Ideologi Bangsa

  • Pancasila menjadi cita-cita dan tujuan bersama bangsa Indonesia.

  • Menyatukan bangsa dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan daerah.

📝 E. Contoh Kegiatan Mengamalkan Nilai Pancasila

KegiatanSila yang Terkait
Membersihkan kelas bersamaPersatuan Indonesia (Sila 3)
Bermusyawarah memilih ketua kelasKerakyatan (Sila 4)
Membantu teman yang kesulitanKemanusiaan (Sila 2)
Beribadah sesuai agama masing-masingKetuhanan (Sila 1)
Berbagi makanan dengan temanKeadilan Sosial (Sila 5)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL : TEMA 1

pembelajaran: jum'at, 19 september 2025

Pembelajaran: senin, 1 september 2025