Pembelajaran : kamis,28 agustus 2025
Keseimbangan (balance)
Irama (rhythm)
Proporsi (proportion)
Harmoni (harmony)
Penekanan (emphasis)
Kesatuan (unity)
C. Kosakata Seni yang Digunakan untuk Presentasi
Tujuan | Kosakata Umum |
---|---|
Mendeskripsikan unsur | garis, warna, bentuk, tekstur, ruang, pencahayaan |
Menilai estetika | harmoni, keseimbangan, proporsi, kontras, komposisi |
Menjelaskan teknik | melukis, mengukir, membatik, mencetak, mencampur media |
Mengungkap ekspresi | emosional, ekspresif, simbolis, naturalistik, abstrak |
🎤 D. Mempresentasikan Penilaian Karya Seni Rupa
Perkenalan Karya
Contoh:
“Karya ini adalah lukisan cat air berjudul ‘Pagi di Desa’ karya Ana, menggunakan media kertas ukuran A3.”Deskripsi Unsur Seni
“Karya ini menonjolkan warna-warna cerah seperti biru dan hijau. Garis-garisnya halus, menciptakan suasana tenang.”Analisis Teknik & Ekspresi
“Teknik sapuan kuasnya lembut, menunjukkan keahlian dalam menciptakan tekstur alami. Karya ini menggambarkan ketenangan alam.”Penilaian (Apresiasi)
“Komposisi visualnya seimbang dan harmonis. Karya ini berhasil menyampaikan suasana damai secara estetis.”
🎨 E. Mempresentasikan Proses Penciptaan Karya
Langkah-langkah yang bisa dipresentasikan siswa:
Ide atau gagasan karya
Pemilihan media dan teknik
Proses pembuatan (dengan dokumentasi foto/video)
Tantangan yang dihadapi
Hasil akhir dan refleksi pribadi
Contoh kalimat:
“Saya menciptakan patung ini berdasarkan tema ‘kehidupan laut’. Bahan utama yang saya gunakan adalah tanah liat. Tantangan saya adalah membentuk detail ikan secara presisi.”
📝 F. Latihan dan Penilaian
1. Tugas Kelompok
Setiap kelompok menilai satu karya seni rupa menggunakan kosakata seni.
Sajikan hasil penilaian dalam presentasi 3–5 menit.
2. Tugas Individu
Buat karya seni rupa sederhana (gambar, kolase, mini patung).
Presentasikan proses penciptaan dan penilaian sendiri terhadap karyanya.
Video pembelajaran:
Pengertian Dasar
1. Norma
Norma adalah aturan atau ketentuan yang berlaku di masyarakat. Norma dibuat untuk menciptakan ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan bersama.
Contoh Norma:
Norma agama: melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan
Norma kesopanan: berkata sopan kepada orang yang lebih tua
Norma hukum: mematuhi aturan lalu lintas
2. Hak
Hak adalah segala sesuatu yang pantas dan harus diterima oleh seseorang sejak lahir.
Contoh Hak sebagai Warga Negara:
Mendapat pendidikan
Mendapat perlindungan hukum
Hidup aman dan damai
3. Kewajiban
Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang sebagai tanggung jawab.
Contoh Kewajiban sebagai Warga Negara:
Mematuhi hukum dan peraturan
Membayar pajak
Menghargai hak orang lain
🔍 Contoh Identifikasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Situasi | Norma yang Berlaku | Hak Warga Negara | Kewajiban Warga Negara |
---|---|---|---|
Membantu korban bencana alam | Norma kesusilaan & agama | Hak mendapat bantuan saat kesulitan | Wajib membantu sesama |
Mengikuti upacara bendera di sekolah | Norma hukum & kesopanan | Hak mengikuti kegiatan sekolah | Wajib mengikuti upacara sebagai pelajar |
Tidak membuang sampah sembarangan | Norma hukum & lingkungan | Hak hidup di lingkungan bersih | Wajib menjaga kebersihan lingkungan |
Mendapat perlakuan adil di pengadilan | Norma hukum | Hak diperlakukan adil tanpa diskriminasi | Wajib menghormati hukum dan keputusan hakim |
Mapel IPAS
Tujuan Pembelajaran
· Mengidentifikasi berbagai sistem organ dalam tubuh manusia Sistem pernapasan, pencernaan, peredaran darah, dan system ekskresi)
- Tempat makanan pertama masuk, tempat terjadi pencernaan mekanis (mengunyah oleh gigi) dan kimiawi (pencampuran dengan air liur oleh enzim amilase)
- Makanan dihaluskan oleh gerakan otot lambung dan dicampur dengan asam serta enzim untuk pencernaan kimiawi.
- Bagian akhir sistem pencernaan tempat feses disimpan sementara di rektum dan dikeluarkan dari tubuh melalui anus.
- Proses penghalusan, pengunyah, dan peremasan makanan menggunakan organ seperti gigi dan otot.
- Penguraian makanan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil dengan bantuan enzim yang dihasilkan oleh organ seperti kelenjar ludah, lambung, dan pankreas.
- Makanan masuk ke mulut: Dikunyah dan dicampur air liur.
- Masuk ke kerongkongan: Makanan didorong peristaltik ke lambung.
- Diproses di lambung: Makanan dihaluskan dan dicampur enzim untuk pemecahan lebih lanjut.
- Nutrisi diserap di usus halus: Sari-sari makanan diserap ke dalam darah.
- Air diserap di usus besar: Sisa makanan dipadatkan menjadi feses.
- Feses dikeluarkan: Melalui rektum dan anus.
Komentar
Posting Komentar